ARO SUKA –  Tambang Galian C di Nagari Paninggahan, Kecamatan Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat, menjadi diskusi hangat antara Bupati Solok, H. Gusmal,SE,MM bersama para Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah) di daerah itu.

Dalam rapat yang diadakan di Guest Hause Arosuka (Rumah Dinas Bupati Solok) tentang Galian C itu, dihadiri oleh Ketua DPRD Kab Solok Jon Pandu, Dandim 0309 Solok Letkol.Reno Triambodo, Kapolres Solok Kota AKBP Ferry Suwandi,SIK, perwakilan Kejari Solok, Ketua Pengadilan Koto Baru, Sekda Kabupaten Solok Aswirman,SE,MM, Kabag Ops Polres Arosuka, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Solok terkait, Wali Nagari Saniang Bakar dan para anggota forum diskusi politik lainnya, selasa (19/5/2020).

“Saya menyarankan untuk pemberhentiaan sementara kegiatan tambang Galian C di Nagari Paninggahan, karena adanya permasalahan dengan masyarakat nagari Saniang Bakar,” ujar Gusmal, sebagaimana yang disampaikan oleh Humas Pemkab Solok kepada RICO ADI UTAMA (dot) COM.

“Dalam melaksanakan kegiatan ini harus ada kesepakatan dengan semua unsur,dan mencari jalan keluarnya agar perusahaan bisa beroperasi dan masyarakat tidak complain. Saya minta perusahaan untuk menjalin kesepakatan dengan masyarakat yang menolak kegiatan tambang ini. Karena  tidak semua masyarakat menolak kegiatan tambang ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut Gusmal menjelaskan, bahwa semua pembangunan yang dilakukan pemerintah itu untuk kepentingan dan kesejahteraan masyrakat Kabupaten Solok. Maka, diminta semua pihak untuk mendukung kegiatan ini dan mencari solusi dari permasalahan yang terjadi.

“Segera sosialisasikan kepada masyarakat kalo memang masalah izin nya sudah selesai,” pungkas Bupati, dalam rapat itu. (RPG Networks/ ****)

Berbagi Yuk!