• August 8, 2020

Ditengah Wabah Covid 19, PLTU Ombilin Tetap Peduli Lingkungan: Ini Yang Dilakukannya

 Ditengah Wabah Covid 19, PLTU Ombilin Tetap Peduli Lingkungan: Ini Yang Dilakukannya

CSR PLTU Ombilin

SAWAHLUNTO – Pandemi Covid 19/ Novel Coronavirus, tidak menghambat program sosial PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Ombilin. Pihak BUMN yang satu ini, tetap merealisasikan program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada masyarakat di sekitar lokasi PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) tersebut, belum lama ini.

Program CSR PLN UPK Ombilin/ PLTU Ombilin kali ini, adalah merupakan tindak lanjut dari MoU kerjasama pengelolaan CSR tentang Pembangunan Balai Adat Nagari Sijantang dan lanjutan pengembangan budidaya singkong.

Sebelumnya, MoU (Memorandum of Understanding), sudah ditandatangani oleh Daryanto selaku Manager PLN UPK Ombilin, Drs. Adi Muaris  selaku Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan H. Delfi Makmur. S, PKP (Kepala Desa Sijantang) yang juga mewakili Kelompok Tani Parigi Jaya.

“Bantuan yang diberikan berupa uang sebesar Rp. 100.000.000  untuk penyelesaian pembangunan Balai Adat Nagari Sijantang dan Rp. 75.000.000 untuk program lanjutan pengembangan budidaya singkong kepada Kelompok Tani Parigi Jaya Desa Sijantang Koto,” ulas Daryanto, kepada WWW.RICOADIUTAMA.COM.

Pada kesempatan yang sama, Ahmadi Asisten Manager SDM PLTU Sijantang menjelaskan, bahwa Balai Adat Nagari Sijantang merupakan tempat dimana para Pemuka Adat di Kenagarian Sijantang berkumpul untuk melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan dan melestarikan adat budaya Minangkabau.

Penyerahan Program Bantuan Balai Adat Nagari Sijantang oleh Ahmadi mewakili Manager PLTU Ombilin (tiga dari kiri), diserahkan langsung kepada pihak Adat Nagari Sijantang.

“Dari program lanjutan pengembangan budidaya singkong ini harapannya adalah akan terbentuk sebuah UKM/UMKM yang memproduksi makanan olahan dengan bahan baku singkong khas Desa Sijantang. Sehinggan total anggaran yang disalurkan untuk 2 (dua) program tersebut adalah sebesar Rp. 175.000.000,” ungkap Ahmadi.

Selanjutnya, penyerahan bantuan secara simbolis dilaksanakan oleh Ahmadi, bersama Tim CSR PLN UPK Ombilin/ PLTU Ombilin kepada Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sijantang dan Ketua Kelompok Tani Parigi Jaya Desa Sijantang Koto selaku perwakilan dari pihak yang menerima bantuan.

“Mewakili Manager PLN UPK Ombilin, beliau berpesan agar bantuan tersebut dapat dikelola dan dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan perencanaan yang telah diusulkan sebelumnya. Bantuan ini merupakan bentuk komitmen PLN UPK Ombilin untuk terus memberikan perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, kami berharap dgn bantuan ini dapat berdampak postif terhadap peningkatan kualitas kehidupan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat sekitar,” tambah Ahmadi.

Rapat antara PLTU Ombilin dengan Pihak Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sijantang dan Pemerintahan Desa Sijantang. (Foto: Humas PLTU Ombilin)

Ditempat terpisah, selaku Manager PLTU Ombilin, Daryanto menyampaikan harapannya kepada Ninik Mamak dan Tokoh Masyarakat agar selalu memberikan dukungan terhadap kelancaran operasional PLTU Ombilin. Apalagi, mengingat PLTU Ombilin merupakan Objek Vital Nasional yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak.

“PLTU Ombilin hadir dalam rangka mengemban amanah negara untuk memberikan pelayanan bidang kelistrikan pada masyarakat, dimana pada prosesnya tentu ada potensi gesekan gesekan kecil dengan lingkungan sebagai dampak suatu kegiatan produksi. Namun sejauh ini kami selalu berusaha untuk mematuhi semua ketentuan yang dipersyarakatkan termasuk diantaranya kepedulian terhadap lingkungan sekitar,” ujar Daryanto.

Sementara itu, Adi Muaris menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasihnya kepada PLN UPK Ombilin yang telah memberikan bantuan dan perhatian kepada masyarakat sekitar khususnya Desa Sijantang Koto.

“Kami berharap melalui bantuan ini, dapat bermanfaat untuk melestarikan nilai-nilai adat budaya Minangkabau. kami mewakili masyarakat berkomitmen untuk terus memberikan dukungan demi keberlanjutan operasional PLTU Ombilin dalam menjalankan proses bisnisnya dan kami berharap untuk masa masa yang akan datang PLN akan terus memberikan perhatian kepada lingkungan dan masyarakat sekitar. Semoga kedepan PLN UPK Ombilin tetap jaya” kata Adi Muaris.

Senada dengan Ketua KAN Sijantang, Adi Muaris, Delfi Makmur juga menyampaikan ucapan terima kasih dan dukungannya kepada PLN UPK Ombilin.

“saya mewakili masyarakat Desa Sijantang Koto menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan Program Lanjutan Pengembangan Budidaya Singkong ini. Kami berkomitmen akan memanfaatkan bantuan ini sebaik-baiknya untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Delfi Makmur.

“Saya juga mengajak kepada seluruh masyarakat Desa Sijantang Koto, para tokoh dan ninik mamak untuk selalu menjalin kerjasama yang baik dengan PLN UPK Ombilin. Karena salah satu penggerak perekonomian di Sawahlunto dan di Desa Sijantang Koto khususnya, adalah dengan beroperasinya PLTU Ombilin ini,” tegas Delfi. (Rico Adi Utama)

Berbagi Yuk!

Related post