AROSUKA – Pemerintah Kabupaten Solok menggelar rapat, yang langsung dihadiri oleh H. Gusmal,SE,MM selaku Bupati dan juga para Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) daerahnya itu, membahas tentang kelanjutan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), dalam menghadapi Pandemic Covid 19, di Guest House Arosuka, Rabu (27/5/2020).

Dalam rapat itu, Ia menyampaikan tentang video conference (vidcon) pihaknya dengan Gubernur Sumatera Barat, terkait dengan persiapan pemerintah daerah pasca pelaksanaan PSBB.

“Pengumuman Presiden RI untuk mendisiplinkan 4 provinsi di Indonesia (DKI, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Gortontalo) serta 25 kabupaten/ kota lainnya di Indonesia, disertai dengan menurunkan personil TNI dan Polri ke daerah terkait. Jika kita akan memperpanjang PSBB ini, kita harus mengevaluasi PSBB yang sudah kita laksanakan 2 tahap ini. Apakah kita akan melajutkan PSBB jilid 3 atau masuk ke kehidupan baru (new normal),” ujar Gusmal.

“Jika kita masuk ke new normal, kita tetap menerapkan standar – standar protokol kesehatan seperti tetap memakai masker, sering cuci tangan, hindari kerumunan dan tetap jaga jarak,” imbuhnya.

Lebih lanjut Gusmal menjelaskan, bahwa terkait dengan PSBB tersebut pihaknya akan mengikuti kebijakan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Kemudian, apakah PSBB diperpanjang atau tidak, maka hal itu yang akan diputuskan saat vidcon tanggal 28 Mei 2020 besok.

Rapat Evaluasi PSBB Tahap II Kabupaten Solok, selain dihadiri oleh Bupati, juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Solok (Jon Firman Pandu), pihak Kejari Solok, Ketua PN Koto Baru, Kapolres Solok (AKBP Azhar Nugroho), apolresta Solok (Ferry Suwandi), Dandim 0309 Solok (Letkol. Reno Triambodo), Sekretaris Daerah Pemkab Solok (H. Aswirman), Ketua TP-PKK Kabupaten Solok (Desnadefi Gusmal), Kepala SKPD di lingkup pemerintahan Kabupaten Solok. (Foto: Humas Pemkab Solok)

“Saat ini, beberapa fasilitas umum sudah  makin ramai sehingga kita mulai agak susah untuk menertibkannya. Untuk objek wisata tidak menjadi masalah karena bisa untuk dikondisikan,” ungkapnya.

“Jika nantinya Pemerintah Provinsi Sumbar masih akan tetap memberlakukan PSBB tahap ketiga, maka Kabupaten Solok akan siap mendukung dan mengikutinya. Hal itu, dengan catatan adanya pengaturan kembali mengenai fasilitas umum dan kegiatan yang menghadiri banyak orang,” paparnya.

Iapun berharap agar masyarakat dapat terus mentaati himbauan pemerintah daerah serta edukasi – edukasi kesehatan yang disampaikan.

Sementara itu, seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Solok akan selalu siap mendukung segala kebijakan yang ada; baik dari pemerintah pusat, provinsi maupun daerah. Forkopimda juga akan selalu siap membantu Pemerintah Daerah Solok, dalam menanggulangi penyebaran pandemic tersebut. (Hms Solok)

 

Editor: RPG Networks

Berbagi Yuk!