• August 7, 2020

Menguak Rahasia Dibalik Lirik Lagu ANGKAT VIRUS INI: Karya Pinto Janir

 Menguak Rahasia Dibalik Lirik Lagu ANGKAT VIRUS INI: Karya Pinto Janir

Oleh : RICO ADI UTAMA

TEPAT pada pukul 03.00 WIB, Jum’at dini hari (15/5/2020), saya dengan seksama mendengarkan alunan lagu yang berjudul ‘Angkat Virus ini’ karya Kakanda Pinto Janir, yang dinyanyikan oleh seorang wanita bernama Wienna. Lagu itu, bukan hanya menyentuh hati, tetapi menyadarkan kita arti tawakal yang sesungguhnya.

Pesan yang dititipkan dari lagu itu, bahwa kita mengakui tidak adanya daya dan upaya kita dalam menghadapi pandemic Covid-19, yang dampaknya luar biasa akhir – akhir ini, kecuali hanya Allah SWT yang dapat mengakhirinya.

Sebagaimana firman Allah SWT:

Katakanlah: “Dia-lah Allah yang Maha Penyayang Kami beriman kepada-Nya dan kepada-Nya-lah Kami bertawakkal. kelak kamu akan mengetahui siapakah yang berada dalam kesesatan yang nyata”. (Al-Mulk : 29)

 

Sungguh, pesan tawakal yang dititipkan dari lagu seorang sastrawan, seniman dan jurnalis sekaligus yang pernah saya akui Raja Penyair Sufistik Pinto Janir itu, akan membuat urat iman kita makin bergetar.

Kata; hentikan dan kata damailah, diulang beberapa kali dalam lirik lagu tersebut. Bahwa, Pinto Janir menyeru kepada Yang Maha Kuasa, kuasaNya atas virus Covid 19, agar sekiranya berkenan melenyapkan virus itu tanpa jejak dan tanpa luka lara lagi.

Ia bergumam; cukup, cukup dan cukup sudah, apa yang terjadi dan amat menyedihkan ini. Sungguh, ketidakmampuan kita telah terbukti, agar sekiranya kita mengakui hanyalah Allah SWT, yang Maha Kuat (Al-Aziz).

Semoga, lagu ini dapat menjadi renungan kita bersama. Allah ya Aziz, Allah ya Karim, Allah ya Rahman, Allah Asy Syaafii (Maha Menyembuhkan).

Sebagaimana hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan :

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah meminta perlindungan kepada Allah untuk anggota keluarganya.  Beliau mengusap dengan tangan kanannya dan berdoa :

“Ya Allah, Rabb manusia, hilangkanlah kesusahan dan berilah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain”.  (HR Bukhari 535 dan Muslim 2191)


 

LAGU : ANGKAT VIRUS INI

Berbagi Yuk!

Related post