• August 7, 2020

Mengupas Riwayat Hidup Vemi, Sosok Kuda Hitam Balon BA 1 F?

 Mengupas Riwayat Hidup Vemi, Sosok Kuda Hitam Balon BA 1 F?

Vemi bersama sang istri tercinta. (Foto: WhatsApp Vemi)

PADANG PARIAMAN – Jika saja, Vemi benar – benar ikut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Padang Pariaman 2020 ini, maka Ia bisa disinyalir sebagai ‘Kuda Hitam’ dari sekian banyak bakal calon (balon) yang telah bermunculan selama ini.

Untuk diketahui, ‘Kuda Hitam’ adalah ibarat peserta pertandingan (perlombaan) yang semula tidak diperhitungkan akan menang, tapi akhirnya menjadi pemenang.

Begitulah sekiranya yang terkait dengan Vemi, sang Camat V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat, yang bagi banyak kalangan elit politik di daerah itu tidak sedikitpun terendus akan maju di Pilkada.

Baca juga: Nama Vemi Muncul Ditengah Pandemi: Kuda Hitam BA 1 F Piaman?

 

Lantas, seperti apa sebenarnya riwayat hidup ringkas seorang Vemi? Berikut ulasannya:

Pria yang bernama lengkap Vemi,S.Sos itu, dilahirkan di Jakarta pada tanggal 25 Desember 1963. Sejak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Pariaman dan tamat pada tahun 1983.

Kemudian, Ia meneruskan pendidikan di Universitas Eka Sakti (UNES) dengan jurusan Ilmu Pemerintah, tamat pada tahun 1995.

Dalam menjalankan amanah sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara), Vemi memang tidak begitu menonjol. Baginya, amanah tidak perlu diminta dan malah wajib untuk kerja tuntas dan taat pada aturan serta loyal terhadap pimpinan.

Namun, Ia tercatat sudah tiga kali menjadi Camat di Pemerintahan Kabupaten Padang Pariaman, yakni; Camat Enam Lingkung, Camat IV Koto Aur Malintang dan saat ini Camat V Koto Kampung Dalam.

Jabatan lainnya Vemi, sesuai hirearki yang lazim dan biasa – biasa saja. Baginya pantang untuk meminta sebuah jabatan dengan pimpinan.

Untuk di dunia organisasi, Vemi juga tidak terlalu menonjol, sebab sebagaimana catatan yang didapat oleh Redaksi RICO ADI UTAMA (dot) COM, Vemi hingga saat ini masih aktif selaku Ketua Pemuda Pancamarga Pariaman.

Masa bakti Vemi, tidak begitu lama lagi. Ia sedang menanti masa pensiunnya. Tetapi, secercah harapan mulai muncul untuk Kabupaten Padang Pariaman, ketika beberapa dukungan mengalir kepada Vemi dari masyarakat dan termasuk tokoh sentral Piaman Laweh (Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman dan sekitarnya) H. Arizal Aziz, yang merupakan CEO Indah Group/ Indah Cargo itu.

Siapa sangka Vemi mulai digiring ke kancah politik. Tetapi, Ia mengakui, bahwa ambisinya tidak terlalu berlebihan soal Padang Pariaman, apabila memang itu jalan yang harus Ia tempuh kelak.

Baca juga: Menguatnya Nama Vemi Balon BA 1 F, Arisal Aziz Indah Cargo Angkat Bicara

 

Namun, Vemi menyadari; saat ini Ia masih berstatus ASN aktif. Tentu, ada aturan yang harus Ia patuhi sebagai ASN, agar tidak ikut nimbrung secara langsung di dunia politik.

Sehingga, redaksi media ini bertanya apa saja langkah praktis politiknya jika memang harus menghadapi Pilkada 2020, Iapun tidak terlalu banyak komentar. Bagi dirinya, cukup berjalan mengalir dan alami saja, sebab nasib itu tak perlu dipaksakan, Allah SWT sudah tahu yang terbaik buat hambanya dan semesta alam.

Hanya saja, prinsip yang dipegang teguh Vemi hingga saat ini pula adalah soal kedisplinan, kepatuhan, etos kerja dan kejujuran. Maka, wajar saja, Vemi sejak menjadi ASN sampai saat ini juga, tidak memiliki harta/ asset yang berlebih, sebagaimana kebanyakan lainnya.

“Bagi saya, harta terindah dan terbesar itu adalah keluarga. Sudah berhasil saja anak – anak dalam menempuh hidup dan pendidikannya, itu lebih dari cukup,” ungkap Vemi kepada redaksi media ini, beberapa bulan yang lalu di Universitas Negeri Padang (UNP), dalam sebuah diskusi ringan. (RPG Networks/ ****)

Berbagi Yuk!

Related post