• August 9, 2020

PSBB Itu? Jangan Kumpul Bareng: Sayangi Keluarga Anda

 PSBB Itu? Jangan Kumpul Bareng: Sayangi Keluarga Anda

Ilustrasi. (Foto: Diolah dari berbagai sumber)

KEDISPLINAN dan patuh terhadap himbauan pemerintah (Social Distancing/ Physical Distancing) dalam menghadapi penyebaran/ Pandemi Covid 19 (Novel Coronavirus)  yang makin mengganas akhir – akhir ini di Sumatera Barat, adalah solusi final yang tidak bisa ditawar lagi. Walaupun demikian, memang ada daerah yang terkategori masih di zona aman, alias nihil positif Covid 19.

Tetapi daerah yang dianggap zona aman tersebut, bisa saja tidak aman, seperti yang terjadi di Kota Padang Panjang belum lama ini: dari nihil (0) meledak menjadi 13 orang terjangkit Covid 19 (positif) dan sebagian besar mereka adalah tenaga medis.

Nah, tenaga medis kurang tau apa mereka soal pengendalian dan pencegahan Covid 19? Rasa – rasanya Alat Pelindung Diri (APD) mereka lebih lengkap dibandingkan masyarakat umumnya.

Tetapi, mengapa mereka juga bisa terkena? Maka, disinilah peran penting social distancing alias menjaga jarak dengan baik, tanpa harus memutus silaturrahmi dan interaksi sosial.

Sebagaimana wawancara saya belum lama ini dengan RRI Kota Bukittingi, menyoal Pasar Kota Payakumbuh yang ditutup akibat ditemukannya 7 orang positif Covid 19. Dalam wawancara itu saya menjelaskan, bahwa upaya pemutusan mata rantai pandemic/ penyebaran Covid 19 tidak bisa hanya disandarkan pada pemerintah, kepolisian dan Gugus Covid 19 saja. Perlu kerjasama dan gotong royong semua pihak, terutama masyarakat luas.

Jadi, jika ada masyarakat yang keluar rumah tanpa urusan yang penting dan sebenarnya bisa diakali dengan berbagai cara termasuk teknologi, itu sudah sangat keterlaluan dan tidak menghargai hak hidup dan kesehatan orang lain.

Apalagi, hanya acara rapat dan remeh temeh, yang sebenarnya sudah bisa di solusikan dengan Video Converence (Vicon), dimana berbagai pilihan aplikasinya di bisa di download pada Play Store Android kesayangan kita.

Maka, dalam wawancara bersama RRI itu, saya menjelaskan bahwa kita bersamalah yang akan mengendalikan dan memutus mata rantai pandemic Covid 19 ini. Oleh sebab itu, patuhlah! agar kita tidak tertular dan keluarga selamat serta melalui wabah ini dengan senyuman. In Syaa Allah #IndonesiaBebasCorona…

****

Oleh: RICO ADI UTAMA

Ketua DPW Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) Provinsi Sumatera Barat

Berbagi Yuk!

Related post