• August 9, 2020

Tampung Pasien Covid 19: Pangkogabwilhan-I Tinjau Tower 6

 Tampung Pasien Covid 19: Pangkogabwilhan-I Tinjau Tower 6

Laksdya TNI Yudo Margono, S.E., M.M saat melakukan pengecekan. (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA UTARA – Tower 6 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara, saat ini sedang di renovasi. Bangunan tersebut digunakan untuk menampung pasien Covid-19.

Selain itu, Tower 6 juga desain khusus ruangan negatif (negative pressure) dan peningkatan fungsi dari ruang rawat inap menjadi rumah sakit.

Kesiapan bangunan itu sesuai dengan tujuan dan fungsinya, dilakukan pengecekan oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I (Pangkogabwilhan-I) Laksdya TNI Yudo Margono, S.E., M.M., didampingi Asops Kogabwilhan-I Brigjen TNI Suhardi, Papen Kogabwilhan-I Kolonel Mar Aris Mudian dan Waasintel Kogabwilhan-I Kolonel Inf Bosco, Jumat tadi (15/5/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Pangkogabwilhan-I mendapatkan penjelasan mengenai kesiapan Tower 6 oleh Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Bambang Dwi Hasto dan Komandan Batalyon Kesehatan AU Dr. Wisnu.

Lebih rincinya lagi, Tower 6 direnovasi untuk ruangan IGD (Instalasi Gawat Darurat), HCU (High Care Unit) dan ICU (Intensive Care Unit).  Lantai 1 adalah ruang IGD dengan fasilitas 25 tempat tidur, lantai 2 adalah Ruang HCU dengan fasilitas 45 tempat tidur dan lantai 3 adalah Ruang ICU dengan fasilitas 39 unit.

Tower 6 di Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Utara. (Foto: Puspen TNI)

Sementara itu, Lantai HCU dan ICU semuanya dilengkapi ruangan bertekanan negatif, sementara Ruang IGD dilengkapi ruangan isolasi tekanan negatif, ruangan penunjang yaitu ruangan konsultasi spesialis, laboratorium, radiologi, farmasi dan pemulasaran jenazah. Sesuai rencana, Tower 6 di Wisma Atlet akan selesai secara fisik di akhir Mei 2020.

Selain meninjau Tower 6, Laksdya TNI Yudo Margono juga meninjau Posko Kogabwilhan-I yang berada di Tower 1 dan memberikan penekanan.

“Untuk posko agar memantau perkembangan Covid-19 secara komprehensif, baik yang ada di Wisma Atlet maupun WNI yang datang dari luar negeri baik ABK kapal maupun TKI yang di isolasi di Hotel, Asrama Haji maupun yang ada di Wisma Atlet.  Sehingga dapat dilaporkan secara komprehensif oleh Pamen Siaga yang ada di Posko Kogabwilhan-I,” kata Laksdya TNI Yudo Margono. (Kolonel Marinir Aris Mudian)

Berbagi Yuk!

Related post